Minggu, 22 Februari 2015

Ujian Praktek Menginstal ClearOS =D


Hari ujian praktek tiba! Oke tenang, aku dapat giliran hari pertama, kelompok 4 bersama sang ketua Silvi, dan anggotanya Yovin, aku sendiri, dan Dian. Tenang-tenang, kelompok yang ngak ancur-ancur amat, masih bisa diandalin saat salah satu dari kita ada yang nguasain materi. Hari ini, senin 23 Februari 2015, menjadi salah satu hari bersejara dalam perjalanan hidup ini –caelah haha. Hari ini hari yang menentukan ujian peraktek bisa lulus dengan mulus atau ngak, doa, belajar dan pasrah haha.
Bangun pagi, seperti biasa dibangun mama, cepat-cepat mandi terus lanjut sarapan, dan yang terakhir minta restu sama mama biar lancar ujian prakteknya, amin. Cium mama.
Dijalan udah deg-degan takut telat, aku masih mikirin kalau hari senin upacara dulu, udah pasti kalau upacara gerbang sekolah bakal ditutup lebih awal, aku ngak boleh telat! Dijalan udah mikir macem-macem, takut, deg-degan, mules, puyeng, dan apa apalah~ tapi ternyata perkiraan salah, hari senin ini ngak pakek upacara, oke aman.
Sampai disekolah cerita baru dimulai, panik belom ngambil nomor ujian sama wali kelas, nametag belum dibeli, baju seragam belum peraktek belum diganti, kacau. Tapi tiba-tiba Qarin manggil, ngasih celana peraktek, yaampun iya hampir lupa kalau peraktek ngak boleh pakek rok, wajib celana! Untung ada Qarin ^.^ aman, seragam, nomor ujian, nametag udah siap, tinggal mental diri sebagai anak kelas 12 yang akan segera menyelesaikan study ini yang masih diragukan. Sumpah ini perasaan campur aduk, takut ngak lancar, takut ntar banyak hambatan, takut ngak bisa jawab pertanyaan pengawas killer, takut setakut takutnya kalau ntar ngak lulus ujian praktek.
Waktu ujian segera dimulai, kelompok 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 dikumpulkan didepan ruangan ujian, duh keringat dingin, pucat, gemetaran, dan mampus! Haha
Masuk keruangan, kita mulai ngerjain yang harus dikerjain, mulai dari merakir kabel LAN sendiri, terus lanjut instal ClearOS, lanjut instal Router, mulai ngeblock situs yang udah ditentukan, sampai diuji keberhasilan pengeblockannya. Hambatan emang ada-ada aja, yang paling patah waktu kita lagi instal ClearOS, sumpah parah Ipnya salah mulu, “retry” terus, udah diganti, dicoba IP yang lain masih aja “retry” terus, oke tenang, tenang jangan rusuh. Jangan sampai keliatan paniknya, karena semakin kita keliatan kita panik dan ngak bisa menyelsaikan masalah, semakin nilai kita akan anjlok, maka dari itu apapun yang terjadi, kelompok ataupun individu harus tetap tenang dan bersikap seolah-olah semua berjalan seperti semestinya, acting.
Setelah masalah demi masalah dapat diselesaikan, dan kelompok 4 pun lulus, -mungkin. Dan lanjut tes individu, mulai dari ketua kelompok yang masuk dan diuji duluan. Setelah ketua selesai, giliran aku pun tiba, dan masuklah aku dengan jantung berdebar lebih cepat dari biasanya. BEDEBUK-BEDEBUK-BEDEBUK!!!
Oke sepertinya ini ngak berjalan seperti waktu aku latihan kemaren, aku lupa password awal, loading yang lambat, dan waktu yang terbatas, belum lagi pertanyaan pengawas yang benar-benar membuat otak ini menjadi pindah ke perut. Sadar, sabar, ikhlas, ini udah takdir. Waktu aku lagi berjalan menuju pintu keluar, salah satu pengawas yang ngomong “aduh Asrona, kenapa ngeblank gini ujiannya” dengan wajah kecewa dan rasa ngak percaya. “iya Pak, maap yah Pak, ngak bisa ngasih yang terbaik, ujian emang jauh banget sama waktu belajar dikelas” sungguh kecewanya diri ini haha
Setelah ujian dan apa apalah itu selesai, seperti biasa dan emang udah jadi kewajiban. Cari kelas kosong, beli jajanan dulu, dan main game sampai puas. Otak ini ngak bisa mikirin yang berat-berat terus, harus diimbangin oleh yang menyenangkan juga kan, oleh sebab itu game adalah alternatif terbaik, oke lanjut. Main game sampai sepuasnya, main game sampai bosan, main game sampai sore.
Lupakan masalah ujian praktek sesaat, karena hidup tidak hanya untuk itu.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar